Langsung ke konten utama

Jari Manis Simbol Maskunilitas



Coba anda perhatikan antara jari telunjuk dan jari manis, manakah yang lebih panjang? Seringkali kita temukan ada pria yang memiliki jari manis yang lebih panjang dibanding dengan jari telunjuk. Pada wanita juga bisa ditemukan hal yang sama.

Mengapa jari manis lebih panjang?
Sebuah penelitian telah dipublikasi dalam Proceeding of the National Academy of Sciences seperti dikutip oleh Science daily (5/09/11)  menemukan bahwa panjang jari dipengaruhi oleh hormon seks pada masa embrio. Berdeda dengan penelitian sebelumnya,  penelitian ini tersebut menggunakan hewan coba tikus untuk mengetahui pengaruh hormon-hormon seks terhadap rasio digit.
Dalam laporan penelitian tersebut, ahli biologi perkembangan Martin Cohn, Ph.D., dan Zhengui Zheng, Ph.D., dari Howard Hughes Medical Institute dan departemen genetika dan mikrobiologi molekuler di UF College of Medicine , mengatakan bahwa proporsi angka pria dan wanita ditentukan oleh keseimbangan hormon seks selama perkembangan embrio awal. Perbedaan dalam bagaimana mengaktifkan reseptor hormon pada pria dan wanita mempengaruhi pertumbuhan digit (jari) tertentu.
Cohn dan Zheng, yang juga anggota UF Genetika Institute menemukan bahwa perkembangan digit embrio tikus jantan dan betina dipengaruhi hormon seks. Dengan mengikuti perkembangan janin tikus, yang memiliki rasio panjang digit mirip dengan manusia, para ilmuwan mengendalikan sinyal gen androgen seperti testosteron maupun estrogen. “Ketika Zheng dan Cohn memblokir reseptor testosteron, mereka mendapat angka rasio perempuan dan ketika mereka menambahkan testosteron mereka mendapat rasio laki-laki super, dan ketika mereka menambahkan estrogen, rasio perempuan super” Kata John T. Manning, Ph.D., seorang profesor di Swansea University di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian saat ini. Penelitian Cohn dan Zheng telah menggambarkan 19 gen yang sensitif terhadap tingkat testosteron dan estrogen prenatal.
Penemuan ini memberikan penjelasan genetik untuk melakukan studi yang menghubungkan proporsi jari dengan sifat-sifat pada laki-laki, mulai dari jumlah sperma, sifat agresif, kemampuan musik, orientasi seksual dan kecakapan olahraga serta bermanfaat pula untu mempelajari beberapa masalah kesehatan seperti autisme, depresi, serangan jantung dan kanker payudara. Pada dasarnya, androgen disamakan dengan proporsional digit keempat. Sedangkan estrogen menghasilkan penampilan yang feminin. Studi ini menemukan  bahwa tulang jari yang berbeda memiliki berbagai tingkat kepekaan terhadap androgen dan estrogen.

Apakah keuntungan pria yang memiliki jari manis yang panjang?
Berbeda dengan penelitian yang dilakukan oleh Cohn dan Zheng yang cenderung melihat aspek biologis, sebuah hasil penelitian lainnya yang dipublikasi padaProceedings of the Royal Society di dikutip oleh daily mail (20/04/11) lalu menemukan bahwa laki-laki yang memiliki jari manis yang lebih panjang dari jari telunjuk merupakan tipe laki-laki yang disenangi lawan jenisnya.
Peneliti Inggris, Perancis dan Swiss melakukan penelitian terhadap 49 pemuda dan membandingkan panjang jari manis dan jari telunjuk. Mereka juga merekam suara dan menangkap bau para sampel. Hasil pemotretan diperlihatkan kepada para wanita untuk dinilai. Hasilnya, para pria dengan jari manis yang lebih panjang lebih memiliki daya tarik dan lebih disukai para wanita.
Peneliti dari Stirling University, Craig Roberts mengatakan bahwa kandungan testosteron dalam tubuh mungkin mempengaruhi struktur wajah serta panjang jari. Semakin panjang jari manis seorang pria maka tingkat testosteronnya akan semakin tinggi. Memiliki jari manis yang panjang memiliki sejumlah manfaat lainnya. Misalnya, para ilmuwan percaya bahwa pria yang memiliki jari manis yang panjang juga mungkin cenderung lebih kaya. Peneliti juga mengklaim bahwa pria dengan jari manis yang panjang lebih ekstrovert dan memiliki otot yang kuat serta pintar bermain alat musik.Sayangnya, orang-orang yang seperti itu juga memiliki kesempatan lebih tinggi untuk di penjara, dibunuh atau gila.
Wanita yang juga memiliki jari manis yang lebih panjang lebih mungkin adalah seorang lesbian dan memiliki tingkat agresifitas yang tinggi serta karir yang sukses.
Sebagai tambahan, untuk menghitung panjang jari secara akurat Anda harus mengukur jarak dari titik tengah lipatan terendah di dasar jari pada bagian telapak sampai akhir dari ujung berdaging. Anda termasuk kategori yang mana? berjari manis lebih panjang dari jari telunjuk ataukah sebaliknya?

Editor: Novie SR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kritis

KONSOLIDASI MEMORI JANGKA PANJANG Oleh: Novie S. Rupilu Saya mungkin termasuk orang yang terlambat membaca buku  The Shallows . Buku yang masuk dalam finalis peraih penghargaan bergengsi Pulitzer Prize tahun 2011 lalu itu memang sudah beberapa kali saya lihat ketika berkunjung ke toko buku dan bagaimana bisa saya telah melewatkannya begitu saja. Tapi, saya berpikir positif saja dengan mengingat sebuah ungkapan “ late is better than never ”. Sekedar  mengingatkan kembali, buku itu terdiri dari 10 bab, belum termasuk prolog, epilog dan beberapa intermezo di dalamnya.  Buku itu merupakan perluasan dari artikel sebelumnya yang ditulis oleh Nicholas Carr pada majalah  The Atlanthic  dengan judul  Is google making us stupid?.  Nicholas Carr menyambung logika yang terputus pada esainya itu dengan menulis sebuah buku yang luar biasa. Kali ini Carr benar-benar menunjukkan bahwa ia memang serius dengan tuduhannya. Penjelasan mengenai sejarah buku, percetakan dan kegiatan mem

Perubahan untuk semua

“Kelas menumpulkan pikiran dan mematikan kreativitas”. Kata John Nash dalam film The beatiful mind. Saya tidak tahu persis apakah Nash pernah mengungkapkan kalimat itu ketika melanjutkan studi di Princeton University. Tetapi, Nash adalah sosok unik yang jarang mengikuti perkuliahan didalam kelas tetapi pada akhinya mampu melahirkan karya intelektual yang sangat berpengaruh. Hadiah Nobel Ekonomi yang diterima pada tahun 1994 atas karyanya tentang teori permainan yang disebut “kesetimbangan nash” merupakan bukti bahwa Nash memang sosok yang unik. Terlepas dari uniknya sosok seorang John Forbes Nash, kutipan kalimat singkat di atas mungkin bisa menjadi sebuah acuan bagi kita membentuk pemahaman tentang pendidikan. Nash tentu tidak sementara memprovokasi kita untuk membubarkan lembaga pendidikan formal. Tetapi, ada hal penting harus kita pelajari dari kutipan itu. Pendidikan Bukan Cuma Sekolah. Kutipan di atas dapat bermakna bahwa pendidikan seharusnya tidak dibatasi pada rua